Thursday 23 June 2011

TANGKUBAN PARAHU

Gunung Tangkuban Perahu terletak di Desa Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat memiliki tinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Gunung Tangkuban Perahu dulunya merupakan Gunung Sunda Purba ini terakhir meletus pada tahun 1910, memiliki 9 kawah yaitu Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak. Kawah Ratu merupakan kawah terbesar di Gunung Tangkuban Perahu. Kawah Ratu masih berstatus aktif dan mengeluarkan asap yang mengandung belerang. Kawah Upas terletak bersebelahan dengan Kawah Ratu. Kawah Upas memiliki dasar kawah yang dangkal dan datar, dengan pepohonan liar tampak banyak tumbuh di salah satu sisi dasar kawah. Kata Upas berarti Racun. Meskipun tampak seperti kawah mati, konon kawah ini pernah mengeluarkan gas berbahaya yang tidak berbau dan berwarna.

Perjalanan dari kota Bandung selama 25 menit ke arah utara sejauh 30 km. Sayang salah satu obyek wisata yang terkenal di Indonesia ini kurang terawat dengan baik. Jalan menuju puncak rusak, berlubang dan berpasir. Padahal dengan pemasukkan dari tiket masuk sebesar 15.000/orang, parkir kendaraan dan bantuan APBD, seharusnya sudah menutup biaya operasional dan perbaikan di obyek wisata tersebut. Ah, tapi memang saya tidak terlalu memperdulikan kondisi jalan tersebut. Semakin rusak, semakin baik. Semakin cocok untuk beradventure ria.

Asal-usul Gunung Tangkuban Parahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu, sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.











Saya sendiri, jika ke Tangkuban perahu tidak pernah menggunakan jalur wisata. Saya selalu menggunakan jalur adventure, selain supaya bisa masuk gratisan juga supaya saya bisa menikmati tangkuban perahu dengan tenang dan bebas. Jauh dari hiruk pikuk wisatawan.

0 comments:

Post a Comment