Wednesday 2 February 2011

Pengetahuan Dasar Dalam LELANG MOTOR Satuan

Dalam posting sebelumnya dah disebutin kalo gw dapetin motor terakhir gw Si Pulsy (BAJAJ PULSAR 135LS) dari sistem lelang motor satuan.
Ada beberapa keuntungan apabila memang kita berniat mencari motor second dari pelelangan.
Kita bisa mendapatkan motor yang lebih murah daripada dealer motor second. Tapi untuk itu butuh usaha lebih dari kita.

Untuk daerah Bandung, ada dua penyelenggara lelang motor satuan yang gw ketahui yaitu ALTO LELANG dan CASA LELANG. Mungkin yang lain ada yang bisa menambahkan???

Pendaftaran lelang cukup mengisi formulir pendaftaran + 1 lembar fotocopy KTP dan Uang jaminan/Uang pendaftaran.

ALTO LELANG
Lokasi: MIKO MALL
Jalan Kopo No. 599, Bandung, Jawa Barat
Telp. (022) 91176989
www.altolelang.com

*motor yang dilelang rata-rata adalah motor produksi 2004 ke atas.
*Kondisi motornya juga lebih bervariasi, mulai yang mulus ampe yang ringsek bekas kecelakaan.
*Surat-surat kendaraan pun juga bervariasi, ada yang kumplit sampai tidak ada surat-surat sama sekali.
*Lokasi open house terletak di area parkir yang terbuka. Sehingga Warna motor nampak lebih kusam karena terpaan matahari dan debu.
*Biaya pendaftaran sebesar Rp 1.000.000,- per account
*Apabila kita tidak mendapatkan motor pada saat lelang maka uang pendaftaran kembali 100%
*Jika kita mendapatkan motor pada saat lelang, maka akan ada extra charge dari harga akhir yang terbentuk sebesar Rp 250.000,- sebagai biaya administrasi.


CASA LELANG
Jalan Soekarno Hatta No. 169, Bandung, Jawa Barat
Telp. (022) 93627363 - 081910206039 - 70840324 - 93253997 - 08122159500

*motor yang dilelang rata-rata adalah motor produksi 2009 ke atas.
*Kondisi motornya relatif lebih terjaga ke orisinalitasannya dan masih mulus.
*Surat-surat kendaraan lengkap mulai dari BPKB, STNK, FAKTUR.
*Lokasi open house ada di dalam ruangan. Sehingga warna cat motor lebih terjaga karena terlindung dari terpaan matahari dan debu.
*Biaya pendaftaran sebesar Rp 1.000.000,- per account
*Apabila kita tidak mendapatkan motor pada saat lelang maka uang pendaftaran kembali 100%
*Jika kita mendapatkan motor pada saat lelang, maka akan ada extra charge dari harga akhir yang terbentuk sebesar Rp 175.000,- sebagai biaya administrasi.


SKEMA / PROSEDUR LELANG




Beberapa pengetahuan lelang yang gw dapet:
  • Cari motor-motor yang diinginkan, sesuaikan dengan kriteria kita.
  • Usahakan jangan hanya mengincar 1 motor saja, buat banyak pilihan motor yang kita mau. Jadi kalo salah satu ga dapet masih ada option yang lainnya.
  • Cek harga pasaran motor-motor yang kita inginkan.
  • Cek kondisi fisik motor, No. Rangka, No. Mesin, kelengkapan surat dan pajak motornya (apakah sudah mati atau masih ada).
  • Kelengkapan surat terdiri dari BPKB, STNK, Faktur dan Kwitansi.
  • Sesuaikan fisik motor seperti warna, no. mesin dan no. rangka apakah sesuai dengan BPKB dan STNK.
  • Usahakan cari motor yang pajaknya masih panjang, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk mengurus pajak.
  • Jika memang mencari motor yang kondisinya "amburadul" seperti fisik body rusak, pajak yang mati atau telat dan motor berpelat nomer luar kota. Perhitungkan juga biaya untuk "menormalkannya".
  • Harga limit adalah harga dasar dari kendaraan yang telah ditentukan oleh penyelenggara lelang.
  • Tentukan batas harga maksimal sesuai kemampuan kita, jadi kalau harga bid sudah melampaui batas harga kita maka lebih baik dilepas saja itu motor.
  • Kenaikan harga pada saat lelang adalah kelipatan Rp 100.000,-
  • Jaga emosi kita ketika lelang, selalu fokus. Supaya emosi lebih terkontrol biar ga kesetanan dan keterusan ngebid motor. Yang pada akhirnya membuat harga motor semakin tinggi.
  • Kalo mau ngebid, angkat tangan tinggi-tinggi beserta nomernya. Supaya mudah diketahui.
  • Biasanya dalam lelang, penyelenggara lelang akan memasukkan oknumnya menjadi peserta lelang untuk menghasilkan keuntungan lebih.
  • Perhatikan para peserta lelang di ruangan. Mana yang Preman, Pemborong, Orang bengkel, Perorangan atau Oknum dari pihak lelang.
  • Kebanyakan peserta lelang merupakan pemain lama yang berkecimpung di perdagangan motor bekas.
  • Ada beberapa peserta lelang yang merupakan pemborong besar.
  • Usahakan cari tempat duduk di posisi 3/4 dari depan. Jadi kita bisa tau siapa aja lawan kita dalam lelang dan bisa menentukan harga.
  • Biasanya Pemborong2 besar mengambil motor yang mudah untuk dijual kembali dan permintaannya masih banyak. Seperti Honda Revo, Supra, Fit, Karisma, Smash, Yamaha Vega, jupiter dan berbagai motor matic.
  • Untuk pemborong besar biasanya dia akan membawa rombongan kecil kroni-kroninya yang juga menjadi peserta lelang. Hal itu supaya mereka bisa menentukan harga dan meminimalisir persaingan harga.
  • Untuk motor-motor yang kondisinya rusak, surat-surat ga lengkap dan pajaknya udah mati/telat biasanya didapatkan oleh peserta lelang yang mempunyai bengkel motor sendiri.
  • Untuk motor-motor yang kondisi mulus, tahun terbaru dan gampang dijual kembali biasanya didapatkan oleh peserta lelang yang mempunyai usaha jual beli motor bekas.
  • Untuk motor-motor yang pelat motornya luar kota bandung seperti T, Z, B, dll. Biasanya didapatkan oleh satu peserta lelang yang khusus mengincar motor-motor tersebut.
  • Biasanya akan terdapat beberapa kubu dalam suatu lelang. Yang merupakan kubu-kubu dari para pemborong besar. Dan apabila suasana semakin panas diantara para kubu tersebut maka akan tercipta "perang harga". Hal itu disebabkan karena EGO dari tiap-tiap kubu yang ga mau kalah dengan kubu yang lainnya. Karena jika suasana sudah mulai panas biasanya akan terlontar selentingan dan sepetan antar kubu tersebut.
  • Jika sudah terjadi "perang harga" antar kubu tersebut maka kita lebih baik tidak ikut-ikutan menawar. Karena rata-rata, harga akhir yang terbentuk dari motor itu TINGGI.
  • Jika seandainya kita tidak mendapatkan motor satu pun, maka segeralah mengambil kembali uang DP pendaftaran. Untuk menghindari antrian yang panjang.
  • Rata-rata kenaikan harga motor sekitar 30-70% dari harga limit.
  • Rata-rata harga akhir yang terbentuk paling tinggi itu masih lebih rendah daripada harga pasaran pada umumnya.
  • Jika kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari pasaran maka kita beruntung.
  • Jika kita dapat harga yang relatif tinggi tapi masih dibawah harga pasaran maka kita rada apes.
  • Kalau anda bisa mendapatkan motor dengan harga limitnya maka anda telah mendapatkan JACKPOT!!!
  • Peserta lelang dianggap telah meneliti kendaraan yang dimenangkan.
  • Kendaraan dilelang dalam kondisi apa adanya.
  • Rata-rata kendaraan tidak dilengkapi dengan toolset, manual book, buku garansi dan tidak semua kendaraan memiliki kunci kontak.
  • Pelunasan harga lelang dan biaya administrasi serta pengambilan barang paling lambat 3 hari setelah lelang.
Gw masih awam banget mengenai lelang, keterangan yang gw berikan merupakan apa yang gw ketahui dari 2 kali ikut lelang. Sorry menyori jika ada kekurangan atawa hal yang tidak sesuai.

    Tuesday 1 February 2011

    NEW BIKE!!! BAJAJ PULSAR 135LS

    Bermula dari assignment bokap buat nyari motor lagi buat operasional yang di rumah. Dan bisa buat cadangan kalo seandainya motor gw Si Pio rusak.

    Budget yang disediakan ama bokap 10 juta dengan kriteria Motor produksi 2008 ke atas, kondisi mesin bagus dan motor lengkap dalam kondisi standard pabriknya.
    Dengan budget segitu, bayangan gw bakal dapet motor bebek atau matic saja.
    Mulailah gw hunting, dengan harapan budget minimal dapet hasil maksimal.

    Hunting dimulai dengan browsing di forum-forum jual beli.
    Sasarannya adalah mencari motor dengan kapasitas mesin minimal 125cc.
    Pilihan dalam bayanganku adalah Suzuki Satria 150F, Suzuki Shogun 125R, Suzuki Thunder 125, Suzuki Skydrive 125, Yamaha Jupiter MX 135, Honda Revo 125R dan Kawasaki ZX 130.
    Namun rata-rata harga yang ditawarkan masih tergolong tinggi untuk kriteria yang diinginkan.

    Akhirnya dapet info di Tribun JaBar mengenai lelang motor satuan yang diselenggarakan oleh OTO LELANG. Tidak ada bayangan sama sekali mengenai Sistem dan cara lelang. Mulailah mencari info di internet mengenai LELANG. Disini aku selalu minta wangsit ama Mbah GOOGLE buat menambah pengetahuan. Akhirnya gw sambangi langsung tuh lokasi Open House OTO LELANG. Tanya sana-sini, tengak-tengok motor-motor yang dilelang dan akhirnya nekat dengan DP 1 juta gw langsung daftar pada hari itu juga.

    Dari 400 motor yang dilelang, hanya 25 motor yang masuk kriteria gw. Tibalah hari pelelangan, lelang dilaksanakan di MIKO MALL Kopo. Ketika lelang dimulai sempat kaget dengan jalannya lelang, ternyata gag sesuai dengan bayangan. Satu persatu motor kecengan lepas ke peserta lelang yang lain. Dagdigdug ikutan ngebid beberapa kali tapi tetep aja kalah bid. Akhirnya gw gag dapet satupun motor di lelang itu. Untung saja uang DP kembali 100%. Nothing to loose lah, seenggaknya gw dah dapet pengalaman lelang dan dapet beberapa pengetahuan dasar dalam lelang.

    Ketika ambil refund DP, gw tanya-tanya ama panitia lelang. Ternyata mau diadakan lelang lagi 2 minggu kemudian. Prepare deh buat ikut lelang ronde ke 2. Ketika waktu open house lelang ke 2 tiba, langsunglah meluncurrr ke TeKaPe. Pas liat-liat motor lelangnya ternyata pilihannya yg sesuai kriteria malah lebih sedikit dan kondisi motor-motornya pun gag lebih bagus dari lelang pertama.

    Eh, tak dinanya. Malah dapet info dari sesama pengunjung open house, kalau ada tempat lelang lainnya selain ALTO LELANG. Lokasinya di caringin dan penyelenggara lelangnya adalah CASA LELANG.

    Tanpa babibu lagi, langsung gw meluncur ke tempat yang dimaksud. Sesampainya disana ternyata jumlah motor yang dilelang cuma 250 unit. Tapi kondisi motornya itu, gress chuy dan surat-suratnya pun komplit. Motor yang dilelang disana minimal keluaran tahun 2009. Mulailah incar incer motor yang sesuai kriteria. Prioritas utama adalah Bajaj Pulsar 135 LS kemudian Yamaha Jupiter MX, Suzuki Skydrive dan Honda Vario CBS techno.

    Jadilah gw daftar di CASA LELANG. Karena Prioritas utamanya adalah BAJAJ PULSAR 135 LS, maka gw ga begitu ngotot ngebid di motor-motor yang lainnya. Tercatat dalam lelang itu ada 5 PULSAR yang akan dilelang. 2 merah dan 3 hitam. Yang gw incer adalah PULSAR warna hitam.

    Akhirnya, Alhamdulillah bangetttt!!!
    Gw bisa ngedapetin motor inceran gw BAJAJ PULSAR 135 LS BLACK, bermesin Hitam. Tahun 2010 Bulan Agustus dengan harga akhir yang terbentuk 8,3 Juta Rupiah. Kondisi mulus cling-cling, sebelas duabelas ama paha Aura Kasih. Pajaknya masih panjang, jadi ga perlu khawatir mengeluarkan biaya tambahan dalam waktu dekat. Ntu motor umurnya baru 5 bulan chuy, kilometernya aja baru 3500 di spidometernya. Dimana pulsar-pulsar yang lainnya laku di kisaran harga 9,5-11,5 Juta. Beuh, pang murahna. Harga barunya sendiri di dealer bandung adalah 14,7 juta (on the road).

    PENAMPAKAN PULSAR





    Bajaj Pulsar 135 LS Specifications

    Bajaj Pulsar 135 LS (or 135 CC) is finally out !!
    Bajaj-Pulsar-135LS-Bike-India
    The Official Website for the bike is also there where you can check all the stuff about this new product from Bajaj.
    As per the Bajaj India P135 Website, The Pulsar 135LS has everything you expect in a Pulsar and more. It is powered by the World’s first and only 4 Valve DTS-i engine.
    Giving it not just the best in class pick-up and top speed but also great mileage. Being a light sports bike, it has both the power and the agility to let you weave your way through city traffic, effortlessly.d

    Bajaj Pulsar 135LS Technology:

    • 4 Valve Technology
    • DTS-i Digital Twin Spark Ignition
    • Ignition with a Digital C.D.I
    • TRICS III
    • Constant Velocity(CV) Carburetor
    • ExhausTEC (Torque Expansion Chamber)* technology for the exhaust technology.
    • Bikini headlight faring, LED tail lamps, clip on handle bar, split seats, split grab rail, single down tube frame
    • Electric start with auto choke
    • Suspension – Telescopic front suspension with anti friction bushes and Nitrox rear suspension (Nitrogen Oxide assisted gas shocker with 5 step adjustable suspension)
    • Battery charge indicator

    Bajaj Pulsar 135LS Colors:

    Bajaj Pulsar P135 is avaialbe in the following Two Colors:
    • Wine Red
    • Midnight Black

    Bajaj Pulsar 135LS Specifications:

    Engine
    Type 4 stroke, air cooled, 4-valve, single cylinder, SOHC, DTS-i
    Displacement (cc) 134.66cc
    Max. Power (Ps @ RPM) 13.5 @ 9000 rpm
    Max. Torque (Nm @ RPM) 11.4 @ 7500
    Starting Kick + Self start
    Suspension
    Front Telescopic Front Fork with antifriction bush (Stroke 130)
    Rear Trailing arm with Co Axial Hydraulic cum Gas filled adjustable Shock Absorbers and Triple rate Coil Spring
    Brakes
    Front Disc (Diameter 240 mm)
    Rear Drum (Diameter 130 mm)
    Tyre
    Front & Wheel Size Tubetype Unidirectional – 2.75 x 17″ & 1.4 X 17, 5 Spoke Alloy
    Rear & Wheel Size Tubetype Unidirectional – 100 / 90 x 17″ & 2.15 X 17, 5 Spoke Alloy
    Fuel Tank
    Total litres
    (reserve, usable)
    Capacity : 8 litres,
    Reserve : 2.5 litres (1.6 litres usable)
    Electricals
    System 12 V Full DC
    Headlamp (Low/High Beam- Watts) 35/35 W with 2 pilot lamps
    Dimensions
    Wheelbase 1325 (mm)
    Ground clearance 170 mm
    Kerb Weight 122 Kg
    Key Features
    Auto Choke Yes
    Clip-on handle bar Yes
    Speedometer Digital
    Tachometer Digital type with analog display
    Fuel gauge Digital
    Tripmeter Digital
    Wheel type Alloy

    Kesan gw setelah memakai ni PULSAR adalah motornya uenteng, dah kebiasaan bawa Scorpio sih. Tampangnya okeh. Tarikannya yahud, diatasnya Thunder 125 dan masih bersaing ama MEGAPRO atau sejenisnya. Top speed yang pernah gw dapet adalah 117km/jam di spidometer digitalnya. Dan yang paling penting adalah uiritttnyaa itu jan tenan, 1liter/40km dengan tipikal mengendarai yang sering gasspoll. Kalo bawanya make metode ekonomis mungkin bisa nyampe 1liter/65km, sesuai ama yang diklaim oleh website PULSAR India.

    My LOST BIKE!!! HONDA VARIO

    Motor Matic Honda Vario 110cc. Enak benyulll bawa ni motor, kaya bawa motor maenan aja. tinggal gasremgasrem doang. Intinya orang yang bisa bawa Sepeda, pasti bisa bawa ni motor. Belum ada Setahun gw pegang ni motor, udah harus rela digondol maling kurang ajarrrrr!!!!

    Hilang 2 hari sebelum iedhul adha di Jalan Jurang, Kost-kostan temen.
    Udah ada firasat ga enak malem itu, tapi ga nyangka aja kalo imbasnya bakal ke Vario.
    Padahal ntu motor diparkir di paling depan, dan dibelakangnya dihalangi oleh 2 motor trail dan motor bebek.
    Salahnya gw terlalu mempercayakan ama fitur keamanan magnetic lock doang buat si Vario tanpa mengaplikasi gembok-gembok gaban yang lainnya.

    Walaupun ntu Vario dah dihalangi banyak motor, nampaknya si maling udah ngeceng tuh Vario sehingga rela menyingkirkan terlebih dahulu motor-motor lain yang menghalanginya buat ngeboyong tuh Vario. Saking ngecengnya, nampaknya tuh maling dah bawa helm sendiri. karena helm gw yang ditaruh di Vario ditinggalkannya.

    Mungkin itu sedikit kebaikan dari si maling buat gw, dengan meninggalkan helm supaya gw ga harus nyari helm lagi buat naik ojeg ke kantor polisi terdekat dan balik ke rumah. Mbok ya yang ditinggal Varionya aja, Helm silahkan dibawa.

    Ga nyenyak tidur gw selama berhari-hari, bawaannya uring-uringan mulu. Plus sering bengong ngebayangin kalo seandainya ketemu tuh maling, gw giles dah tu muka si maling pake ban motor trail gw.

    Nampaknya juga gw harus merelakan tuh Vario lenyap selama-lamanya. Gak berharap banyak dari pihak kepolisian bisa menemukannya. Mungkin kalo juga diketemukan, dipakai juga ama oknum pulisi buat operasionalnye.

    Soalnya gw dah dikecewakan ama oknum kepolisian ketika buat laporan kehilangan motor. Udah tau gw kena musibah, HILANG MOTOR. Masih juga dimintai uang rokok. Ampir aja gw mencak-mencak emosi. Dari yang awalnya emosi kehilangan motor ke emosi ama tuh polisi.


    PENAMPAKAN MANTAN VARIO


    Spesifikasi:
    Panjang X lebar X tinggi: 1.897 x 680 x 1.083 mm
    Jarak sumbu roda: 1.273 mm
    Jarak terendah ke tanah: 132.5 mm
    Berat kosong: 758 mm
    Tipe rangka: Tulang Punggung
    Tipe suspensi depan: Teleskopik
    Tipe suspensi belakang: Lengan ayun dengan sokbreker tunggal
    Ukuran ban depan: 80/90 – 14 M/C 40P
    Ukuran ban belakang: 90/90 – 14 M/C 46P
    Rem depan: Tipe cakram hidrolik dengan piston ganda
    Rem belakang: Tromol
    Kapasitas tangki bahan bakar: 3,6 Liter
    Tipe mesin: 4 Langkah, SOHC
    Diameter x langkah: 50,0 mm x 55,0 mm
    Volume langkah: 108 cc
    Perbandingan kompresi: 10,7 : 1
    Daya maksimum: 8,99 PS / 8000 rpm
    Torsi maksimum: 0,86 kgf.m / 6.500 RPM
    Kapasitas minyak pelumas mesin: 0,7 Liter pada penggantian periodik
    Kopling Otomatis: Otomatis sentrifugal, tipe kering
    Gigi transmsi: Otomatis, V-Matic
    Pola pengoperan gigi: -
    Starter    : Pedal dan elektrik
    Aki     : 12 V – 3,5 Ah
    Busi     : ND U22FER9 / NGK CR7EH-9
    Sistem pengapian     : DC – CDI, baterai
    Tinggi tempat duduk     : 758 mm
    Sistem pendingin     : Pendingin dengan cairan (liquid cooled)
    Susunan silinder     : Silinder tunggal
    Karburator : VK22 x 1
    Lampu depan: 12 V 25 W / 25 W x 2
    Lampu senja: 12 V 3,4 W x 2

      My 3rd RIDE... YAMAHA SCORPIO 225

      Ni motor adalah hasil Tukar tambah dari motor gw sebelumnya. Satria 120R 2001.
      Alasan gw pilih YAMAHA SCORPIO 225 adalah karena gw lebih demen motor laki daripada bebek. Kapasitas mesinnya gede buat kelasnya, 225cc chuy. MONOSHOCK. Harganya lebih murah daripada motor laki sekelasnya seperti TIGER dan NINJA. Dan motornya pun masih jarang pada waktu itu, tahun 2003.

      Jadi kalo gw gi bawa ni motor, orang-orang pada melihat terheran-heran. Rata-rata pada saat itu orang-orang mengira bahwa Scorpio adalah pembaharuan dari RX-KING, wajar karena bentuknya memang mirip dengan KING. Bedanya, Si Scorpio kaga ngebull seperti kakanya Si King. Itu Karena Scorpio bermesin 4tak dan King 2tak.

      Ternyata pilihanku meminang si pio tidaklah mengecewakan, tarikannya kaya kakaknya Si King. buat guassspoll dan rebah masih ajeb aja. Bensinnya waktu dalam kondisi standard irit minah 1L/30km, dengan gaya bawa motor yang terus dipanteng.

      Rekor kecepatan pernah sampe 160km/jam di jalan rancaekek. Tapi terpaksa harus dikurangi karena jalanan sudah mulai ramai dan motor mulai bergetarrrr. Nyali pun ciut tuk meneruskan menambah kecepatan Si Pio.

      Karena gw dah cocok ama Si Pio makanya ni motor tetep dipertahankan. Tercatat udah 8 Tahun gw nunggangin Si Pio. Dari 2003 sampai saat ini.

      Sudah banyak suka duka gw ama ni motor. Mulai dari jatuh biasa, nyungsep di kolong truk ampe yang terakhir dan terparah Nyium bokong angkot Kalapa-Dago. Ampe-ampe gw ama Si Pio harus rawat inap bersama.

      Sejak peristiwa terakhir itu, maka kuputuskan untuk mentransformasi Si Pio biar bisa hidup di 2 alam. Di Kota dan Gunung (Dual Purpose). Jadilah Si Pio motor jejaden, Trail dan Supermoto wannabe.

      wuahhh, pokoke PIO!!! Aku padamuuuu!!!


      BENTUK ASLI



      2ND TRANSFORMATION (SUPERMOTO WANNABE)





      FINAL TRANSFORMATION (TRAIL WANNABE)


       

      STANDARD SPECIFICATION:

      Engine Engine type: 4 stroke, SOHC air cooler
      Diameter x strok : 70 x 58 mm
      Gear: Manual
      Transmission: 5 kecepatan
      Pola pergantian gigi : 1-N-2-3-4-5
      Carburetor : BS 30 x 1 MIKUNI
      Battery: 12V, 7AH/GM7B-4B
      Spark plug : BP8EA/x24ES-U
      Cylinder volume : 223 cc
      Compression rate : 9.5 : 1
      Susunan silinder : Silinder Tunggal Tegak
      Starter : Kick & Electric
      Fuel : Premium
      Sistem pelumasan : Basah
      Kapasitas Oli Mesin : 1,2 liter

      CHASSIS
      Berat kosong : 125 kg
      Tipe rangka : Double Cradle
      Kapasitas tangki : 13,5 liter
      Jarak sumbu roda : 1295 mm
      Jarak terendah ke tanah : 165 mm

      Suspension
      Suspensi depan : Teleskopik
      Suspensi belakang : Monocross
      Ukuran ban belakang : 100/90-18-56 P
      Ukuran ban depan : 80/100-18-47 P

      Performance
      Dimensi P x L x T : 2020 x 770 x 1090 mm
      Radius belok minimum :

      Daya maksimum : 19 PS/8.000 RPM
      Torsi maksimum : 1.86 kgf.m/6.500 RPM
      Sistem Pengapian : DC-CDI

      Braking system
      Rem depan : Cakram double piston
      Rem belakang : Tromol


      MOD SPECIFICATION:
      • Seher oversize 300 : (73x58)
      • volume cylinder : ga tau rumusnya... kudu di itung dulu
      • Porting and polished
      • Papas head
      • Karburator : Keihin PE 30
      • Air Filter : TK
      • Kampas kopling : Ninja RR
      • Per kopling : BRT
      • Knalpod : Abbys lite
      • Coil : Techlite
      • Oli : BM1
      • Setang Trail : First Racing
      • Raiser setang
      • Hand guard : Cungkow
      • Head lamp : Acerbis
      • Spakboard depan : Borma
      • Swing arm : Honda Hornet
      • Shock Breaker belakang : Suzuki GSX 600
      • Rem belakang : Cakram
      • Gear belakang : TK 54 mata (buat TS)
      • Rantai : 428 H, 130 mata
      • Ban Mode Supermoto : Depan (Battlax BT45 100/80/18), Belakang (Battlax BT45 120/70/18)
      • Velg Mode Supermoto : Depan (TK 2.15/18), Belakang (TK 2.50/18)
      • Ban Mode Trail : Depan (Comet 80/100/21), Belakang (Swallow 110/100/18)
      • Velg Mode Trail : Depan (DID 1.60/21), Belakang (DID 2.15/18)
      • Stopper ban trail : Depan belakang masing2 satu
      • Stabilizer rantai
      • Busi : NGK Irridium

      SUZUKI SATRIA 120R MY 2nd BIKE

      Suzuki Satria 120 R adalah motor pertama yang kumiliki untuk kegiatan keseharian gw. Kumiliki ketika gw masih duduk di kelas 1 SMA dan kupergunakan untuk sarana mobilitasku kesekolah dan ngalor ngidoel kemana aja. Biasa kupanggil dia Sussy.
      Sepeda Motor bebek underbone dengan kapasitas mesin 120 cc, 2 tak, kopling. dengan warna Hitam

      Inilah Dia Si Sussy


      Walaupun tenaga dan performa Suzuki Satria ini tidak mengecewakanku. Namun gw ga begitu suka dengan penampakannya yang motor bebek. Maka ni motor ga bertahan lama, karena gw lebih prefer ke model motor sport. Karena itulah ni motor kemudian ditukar dengan Si Pio.

      Specification:
      Suzuki Satria 120 R
      ENGINE
      : 2 stroke,single cylinder,air cooled
      BORE X STROKE
      : 56 x 49 mm
      COMPRESION RATIO
      : 7.0 : 1
      CARBURETOR
      : mikuni VM 20 ss
      IGNITION
      : dc. cdi
      NET WEIGHT
      : 101 kg
      MAX POWER
      : 13,5 ps @ 8000 rpm (RU120)
      15,5 ps @ 8000 rpm (RGV120)
      MAX TORQUE
      : 1,50 kgmf @ 7000 rpm
      INTAKE SYSTEM
      : reed valve
      TRANSMISION
      : 5 speed (satria 120 s)
      : 6 speed (satria 120 R dan 120 R LSCM )
      RIWAYAT HIDUP
      - RU 120 LD (satria 120 s) 1997 – 2002
      - RU 120 LU (satria 120 R) 1998 – 2005
      - RU 120 LSCM (new satria 120 R) 2003 – 2005
      BIKE NICK NAME
      - satria lumba-lumba (satria 120 s, satria 120 R sebelum LSCM)
      - satria hiu (satria new 120 RU LSCM)
      NAMA LAIN DI ASIA
      - suzuki RGX 120
      - suzuki RGV 120
      - suzuki Stinger 120

      Overall, gw puas make ni motor. buat gegeberan ajib banget. Secara mesin 2 tak 120cc. Yang ga kuat adalah ngerawat dan ngasih minum ni Sussy. Boros bangetttt.....minumnya ONTA pisan. Satu lagi yg gw suka dari ni motor, mesinnya tegak chuy.

      Motor ini gw pake selama 2 tahun. Dan kemudian dijual buat tukar tambah ama YAMAHA SCORPIO G 225, Tahun 2003.

      My 1st RIDE... YAMAHA YT115 Trail

      NI dia motor pertama yg gw pake buat belajar riding ampe lancarrrr.
      Motor dines bokap YAMAHA YT115 Trail. Karena babeh lebih sering make mobil dinesnya buat keperluan dines sehari-harinya. Jadi ni motor dianggurin aja di garasi rumah. Daripada mubazir tuh motor ngendon aje digarasi, ya mending gw pake. Kasihan gw ama tuh motor, hasratnya buat bisa rolling di jalanan kota Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau ga kesampaian.

      Penampakan YT115 Trail


      Dengan menyandang spesifikasi mesin hampir sama dengan sang kakak yakni Yamaha RX-Special, yang menggendong mesin berteknologi 2 langkah, single silinder, berkubikasi 115cc berpendingin udara, mempunyai maksimum power 15.5ps pada 8.500rpm, serta maksimum torsi 1.35kg-m pada 8.000rpm, menggunakan sistem pengkabutan bahan bakar karburator mikuni vm22, pengapian CDI, kelistrikan 12v, manual stater, serta manual kopling tipe basah, menerapkan 5 percepatan, kapasitas tangki BBM 9 lt, serta oli samping 1.2lt, suspensi depan teleskopik dengan dilengkapi penghenti laju disk brake untuk roda depan yang berukuran 18″-250, dan roda belakang 18″-275 yang masih mengandalkan tromol untuk menahan laju putaran rodanya, serta yang terakhir berat total motor adalah 95kg.
      Motor ni lah yang gw jadiin korban buat belajar motor secara diem-diem. Secara waktu ntu gw masih kelas 1 SMP dan masih belum direstui buat bawa motor.

      Keseharian gw buat mobilitas sehari-hari pada waktu ntu cuma dikasih Sepeda Gunung. Bosen ngagoesss jadi timbul hasrat buat pelintirrr gas.

      Naik dan belajar motor ni perjuangan banget. Mulai pemakaiannya yang diem-diem, jadi baru bisa make ni motor ketika babeh ngantorrr. Ngambil kuncinye yg diatas lemari, yg pd masa itu gw harus manjat tuh lemari buat ngambil kuncinya.

      Trusss cara make ni motor. Dimana jika gw mau naik maka harus naik dari trotoar terdekat, karena kaki gag nyampe. Nyelahnye yg mbuat kaki pengkor. Kopling yg buat tangan kesemutan. Ampe kalo pas mo berhenti pun harus nyari trotoar lagi. Belum lagi dari urusan polusi suara dan asepnya, bwahhhhh.

      Tapi semua kendala itu termasuk resiko jatuh dah gak gw peduliin lagi. Demi bisa m

      Buat urusan kelengkapan surat kendaraan sih gw ga begitu kuatir. Karena di tempat gw tinggal waktu itu di Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau merupakan kota kecil yang tenang dan aman. Jadi polisi jarang melakukan penertiban terhadap kelengkapan kendaraan masyarakatnya.

      Serasa pang pongahna di jalanan. Ketika kebanyakan anak-anak seumuran gw pada pake bebek astrea grand, gw dah pake motor batangan trail.

      Ni motor, juga penyebab kenapa gw ga begitu suka dengan motor bebek. karena dah terlanjur doyan ama motor kopling dan paha bisa ngempit body.